Sekilas Public Relation
Public
Relation pada saat ini sudah mulai berkembang
penggunaannya. Penggunaan media demi tercapainya tujuan public relation untuk membentuk opini publik telah berkembang
sesuai zamannya. Kehadiran internet telah mengubah cara orang berkomunikasi.
Artinya, saat ini Cyber PR atau media
online merupakan media yang sangat membantu penyebarluasannya dalam era
globalisasi. Cyber Public Relations kini sudah semakin di kenal di mana dalam
bidang Public Relations ini sangat
terkait dengan perkembangan tekhnologi komunikasi yang mukhtahir (munculnya
media online atau internet). Penggunaan internet oleh para professional
merupakan cikal bakal dari perkembangan teknologi internet, dimana pemakaian
internet sangat efektif, terutama pada krisis komunikasi, mengidentifikasi
masalah, manajemen, dan komunikasi interaktif, kegunaan lainnya adalah untuk
pembuatan newsrelease, elektronik, pengiriman pesan kepada khalayak sasaran,
dan aplikasi internet dan web one to one dalam kegiatan marketing dan
komunikasi.
Saat ini, banyak praktisi Public Relations yang di mana menurut Holtz yang berbicara atas nama
perusahaan telah mempertimbangkan penggunaan internet sebagai salah satu
strategi komunikasi. Mereka tidak punya pilihan lain dan menjadikan internet
sebagai bagian dari budaya perusahaan Public Relations, Internet telah membuat
penanganan krisis menjadi semakin buruk. Berkat era informasi dan begitu
banyaknya model komunikasi, krisis dapat mengubah keadaan semula yang tidak
tahu apa-apa menjadi memanfaatkan berbagai faktor dengan mengambil berbagai
keputusan atau tindakan yang sangat cepat. Selama krisis, perusahaan dan para
eksekutif dihadapkan pada posisi pengambilan keputusan kritis di bawah keadaan:
tekanan yang begitu intens, tingkat stress yang tinggi, ketelitian dan
kecermatan terhadap faktor lingkungan eksternal, tekanan waktu cukup dramatik,
ketidak jelasan informasi.
Comments
Post a Comment