Pengertian Online PR
Selain Online PR, terdapat pula nama
yang ber beda namun tetap sama dalam artian media internet yang dipakai oleh
PR, di mana nama tersebut berupa Cyber PR,
atau pun E-PR, di mana pengertian Istilah ini adalah :
Menurut Bob Julius Onggo dalam "Cyber
Public Relations—Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era
Globalisasi Lewat Media Online": E-PR (electronic public relations),
Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan
internet sebagai media komunikasi. Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk
membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Ribuan on-to-one
relations dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya
yang interaktif.
Public
Relations yang menggunakan media internet disebut juga E-PR atau Inisiatif PR.
Inisiatif PR ini di Indonesia lebih dikenal dengan Cyber PR. E dalam E-PR
adalah mengacu pada media elektronik internet (co : E-mail, E-Commerce). Bagi
perusahaan membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan public
audience merupakan hal yang sangat penting , dan internet mampu melakukan nya
Ribuan One to One Relations dapat dibangun secara simultan secara
Interaktif.
E-PR adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and
Communication Technologies) untuk keperluan PR. Dunia yang ditenggarai
oleh Internet, di mana setiap aktivitas secara langsung atau tidak langsung
ditenggarai oleh Internet, karena itu setiap bentuk aktivitas PR semakin
membutuhkan satu atau lebih unsur ICT setiap praktisi PR perlu memiliki
perangkat ICT dan terampil dalam menggunakannya, dan tentu dalam hal ini tanpa
ICT kegiatan PR mereka tidak akan efektif. Pada prinsipnya untuk menggunakan
perangkat tersebut tidak diperlukan suatu keahlian atau learning curve
yang tinggi. E-PR juga lebih dari pengertian di atas, mengingat hal
tersebut mencakup pengetahuan untuk menerapkan kapan perangkat dan keahlian
tersebut harus diterapkan dan pengaruhnya apa. Disiplin E-PR pada prinsipnya
mengikuti pinsip "membangun hubungan". E-PR merujuk ke para praktisi
yang pandai mencari, mengevaluasi, dan menyebarkan pengetahuan atau berita dari
intranet dan internet untuk memproses komunikasi. Praktisi E-PR harus
seorang yang handal dalam berselancar di dunia maya dan tahu ke mana saja
mereka harus berselancar untuk membangun brand.
Seorang praktisi E-PR mampu mengembangkan content untuk format
distribusi apa saja (media cetak, radio, TV, situs web, e-mail, iTV, PDA, WAP,
Usenet dan sejenisnya) agar dapat dengan tepat menjangkau berbagai macam
audiens. Dan tahu kapan ia harus mempromosikan dan bilamana ia harus memberi
tanggapan dan bereaksi. E-PR adalah satu-satunya cara untuk membangun
brand di dunia yang tidak kasat yaitu dunia maya mengingat internet telah
menghadirkan dunia maya di samping dunia nyata, demikian seperti yang dikatakan
oleh David Phillips, penulis dari buku terkenal yg berjudul Online Public
Relations, sewaktu mendefinisikan E-PR ke dalam beberapa pengertian.
Beberapa Hal yang perlu
di perhatikan oleh praktisi PR dalam
menggunakan internet :
1.
PR harus
menyadari bahwa public dapat mengakses semua Press Release atau News
Release yang dikirimkan melalui internet atau server, dengan menggunakan
kata-kata yang mudah dicari dan dipahami publik.
2.
Publik dapat
mengakses Press Release dalam home page yang ada di Home Page perusahaan.
3. PR dapat membuat mailing list dari publiknya.
Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan Press Release
kepada publiknya melaluui kotak e-mail.
Semua aktivitas Public Relations di atas, yang melalui internet tersebut memungkinkan
Semua
aktivitas PR melalui Internet tersebut, memungkinkan PR dalam menjalin hubungan
baik untuk mempertahankan dukungan publik internal maupun eksternalnya. Publik
akan sangat bergantung pada PR sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji di surat kabar dan media massa
lainnya.
Kendati PR telah melakukan kegiatan
melalui internet, tidak berarti PR harus menyepelekan media massa lainnya.
Media massa lainnya tetap menjadi bagian terpenting dalam melakukan penyebaran
berita atau informasi PR.
Kelebihan
Online PR :
1. Dapat
melakukan komunikasi secara langsung sehingga dapat dengan segera mengetahui
balasan yang dibutuhkan oleh klien, hal ini dapat dicontohkan dengan Chatting.
2. Internet
bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari)
Internet
bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari), Internet
mempermudah PR mendapatkan feedback, atau timbal balik dari publik melalui
interaksi langsung, yang tentu saja dapat merupakan metode yang sangat efisien.
3. Potensi
target publik seluruh dunia - Pasar global
Internet
telah menutup jurang pemisah geografis (kecuali psikologis) setelah seorang PR
terhubung ke dunia online. PR dapat langsung berkomunikasi dengan pasar di Arab
Saudi, investor di Swedia, dan mitra bisnis di California dengan biaya yang
sangat minim.
4. Respons
yang cepat
Dapat dengan mudah untuk mengetahui
respons yang di berikan kepada klien atau masyarakat itu sendiri.
5. Interaktif,
komunikasi dua arah.
Komunikasi
antara organisasi PR dan publik merupakan tujuan utama aktivitas E-PR karena
aktivitas ini akan membantu PR dalam membangun hubungan yang kuat dan saling
bermanfaat yang tidak dapat dilakukan langsung oleh media offline.
Dalam hal ini tentu saja menimbulkan
dampak komunikasi dua arah di mana dengan melakukan komunikasi atau interaksi
menggunakan media Online ini kita dengan
cepat dapat mengetahui respon yang telah di berikan, sehingga ketika kita
menemukan masalah lain pada saat itu juga kita dapat bertanya langsung.
6. Hemat.
Seorang
praktisi PR tidak harus menemui klien atau bergantung kepada suatu media
sebagai perantara mereka untuk melakukan kegiatan kehumasannya. Cara seperti
ini juga dapat lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya
7. Sasaran dari PR juga pasti tepat, karena
khalayak yang merasa membutuhkan suatu informasi akan mencari sendiri informasi
itu. Disini khalayak dituntut untuk lebih aktif.
PR cyber ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu, khalayak dapat memperoleh informasi dimanapun dia berada dan kapanpun, selama 24 jam nonstop. Tidak seperti suatu instansi yang tutup pada jam dan hari tertentu. Dengan adanya PR cyber ini maka praktisi PR dapat menerima feedback secara langsung dan lebih cepat dari khalayaknya. Adanya feedback yang cepat diharapkan dapat memuaskan keingintahuan khalayak, sehingga dapat tercipta hubungan yang baik antara praktisi PR dan khalayak.
Namun diantara kelebihan-kelebihan diatas, PR cyber juga memiliki kekurangan, diantaranya
PR cyber ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu, khalayak dapat memperoleh informasi dimanapun dia berada dan kapanpun, selama 24 jam nonstop. Tidak seperti suatu instansi yang tutup pada jam dan hari tertentu. Dengan adanya PR cyber ini maka praktisi PR dapat menerima feedback secara langsung dan lebih cepat dari khalayaknya. Adanya feedback yang cepat diharapkan dapat memuaskan keingintahuan khalayak, sehingga dapat tercipta hubungan yang baik antara praktisi PR dan khalayak.
Namun diantara kelebihan-kelebihan diatas, PR cyber juga memiliki kekurangan, diantaranya
Kekurangan
Online PR :
1.
tidak semua sasaran/ khalayak dapat
memperoleh informasi melalui internet karena tidak semua khalayak mengerti
tentang dunia internet.
2.
isu-isu dapat berkembang dengan lebih cepat dan meluas di kalangan publik
organisasi karena interaksi yang tinggi di dunia maya memungkinkan timbulnya
opini publik yang beragam.
3.
Kurangnya ketertarikan masyarakat kepada hal-hal positif yang disampaikan
perusahaan karena masyarakat lebih fokus pada berita-berita buruk dan promosi
produk saja. Sedangkan yang tertarik pada berita baik dari sebuah perusahaan
hanyalah beberapa saja, seperti investor dan penanam saham.
4.
Kurang bisa diakses oleh semua pihak atau semua kalangan. Alasannya adalah
tidak semua masyarakat bisa mengakses internet, hanyalah orang-orang yang
memiliki peralatan untuk mengakses internet (seperti: modem atau handphone).
5.
Online PR efeknya adalah akan ada banyak mengalami feedback dari masyarakat
sehingga peluang untuk terjadi multi tafsir yang sangat besar. Penafsiran yang
salah ini dapat berakibat menjadi isu negatif jika tidak segera diatasi.
Karakteristik
Online PR :
Karakteristik PR :
a.
Untuk
melakukan pendekatan PR online membutuhkan keberanian.
b.
Internet
membawa beberapa peralatan media yang merubah wajahInternet membawa beberapa
peralatan media yang merubah wajahpublic relations dan merupakan perubahan yang
mendadak.public relations dan merupakan perubahan yang mendadak.
c.
Baru
sedikit pakar PR yang memiliki keberanian untuk mencoba mediaBaru sedikit pakar
PR yang memiliki keberanian untuk mencoba media jenis baru ini dan
menciptakan layanan pers secara online yang merubah jenis baru ini dan
menciptakan layanan pers secara online yang merubahbanyak pebisnis lokal kecil
menjadi pemain global.banyak pebisnis lokal kecil menjadi pemain global.
d.
Walau
dimulai dalam ukuran kecil, online PR telah membantu perusahaanWalau dimulai
dalam ukuran kecil, online PR telah membantu perusahaanuntuk tumbuh lebih
cepat, dan bukan hanya itu keuntungan dari onlineuntuk tumbuh lebih cepat, dan
bukan hanya itu keuntungan dari onlineP.R.
Best merit casino site reviews 2021 - deccasino
ReplyDeleteYou've probably heard septcasino about this company called mergers, but you know about what deccasino you do in Vegas casino sites. Read what the pros and cons หาเงินออนไลน์ of this