Pengertian Online PR



            Selain Online PR, terdapat pula nama yang ber beda namun tetap sama dalam artian media internet yang dipakai oleh PR, di mana nama tersebut berupa Cyber PR, atau pun E-PR, di mana pengertian Istilah ini adalah :
Menurut Bob Julius Onggo dalam "Cyber Public Relations—Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era Globalisasi Lewat Media Online": E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Ribuan on-to-one relations dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif.
Public Relations yang menggunakan media internet disebut juga E-PR atau Inisiatif PR. Inisiatif PR ini di Indonesia lebih dikenal dengan Cyber PR. E dalam E-PR adalah mengacu pada media elektronik internet (co : E-mail, E-Commerce). Bagi perusahaan membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan public audience merupakan hal yang sangat penting , dan internet mampu melakukan nya Ribuan One to One Relations dapat dibangun secara simultan secara Interaktif.
E-PR adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan PR. Dunia yang ditenggarai oleh Internet, di mana setiap aktivitas secara langsung atau tidak langsung ditenggarai oleh Internet, karena itu setiap bentuk aktivitas PR semakin membutuhkan satu atau lebih unsur ICT setiap praktisi PR perlu memiliki perangkat ICT dan terampil dalam menggunakannya, dan tentu dalam hal ini tanpa ICT kegiatan PR mereka tidak akan efektif. Pada prinsipnya untuk menggunakan perangkat tersebut tidak diperlukan suatu keahlian atau learning curve yang tinggi.  E-PR juga lebih dari pengertian di atas, mengingat hal tersebut mencakup pengetahuan untuk menerapkan kapan perangkat dan keahlian tersebut harus diterapkan dan pengaruhnya apa. Disiplin E-PR pada prinsipnya mengikuti pinsip "membangun hubungan". E-PR merujuk ke para praktisi yang pandai mencari, mengevaluasi, dan menyebarkan pengetahuan atau berita dari intranet dan internet untuk memproses komunikasi.  Praktisi E-PR harus seorang yang handal dalam berselancar di dunia maya dan tahu ke mana saja mereka harus berselancar untuk membangun brand.
Seorang praktisi E-PR mampu mengembangkan content untuk format distribusi apa saja (media cetak, radio, TV, situs web, e-mail, iTV, PDA, WAP, Usenet dan sejenisnya) agar dapat dengan tepat menjangkau berbagai macam audiens. Dan tahu kapan ia harus mempromosikan dan bilamana ia harus memberi tanggapan dan bereaksi. E-PR adalah satu-satunya cara untuk membangun brand di dunia yang tidak kasat yaitu dunia maya mengingat internet telah menghadirkan dunia maya di samping dunia nyata, demikian seperti yang dikatakan oleh David Phillips, penulis dari buku terkenal yg berjudul Online Public Relations, sewaktu mendefinisikan E-PR ke dalam beberapa pengertian.


Beberapa Hal yang perlu di  perhatikan oleh praktisi PR dalam menggunakan internet :
1.      PR harus menyadari bahwa public dapat mengakses semua Press Release atau News Release yang dikirimkan melalui internet atau server, dengan menggunakan kata-kata yang mudah dicari dan dipahami publik.
2.      Publik dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di Home Page perusahaan.
3.      PR dapat membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan Press Release kepada publiknya melaluui kotak e-mail.
Semua aktivitas Public Relations di atas, yang melalui internet tersebut memungkinkan
Semua aktivitas PR melalui Internet tersebut, memungkinkan PR dalam menjalin hubungan baik untuk mempertahankan dukungan publik internal maupun eksternalnya. Publik akan sangat bergantung pada PR sebagai sumber informasi berita  yang tidak tersaji di surat kabar dan media massa lainnya.
Kendati PR telah melakukan kegiatan melalui internet, tidak berarti PR harus menyepelekan media massa lainnya. Media massa lainnya tetap menjadi bagian terpenting dalam melakukan penyebaran berita atau informasi PR.
Kelebihan Online PR :
1.      Dapat melakukan komunikasi secara langsung sehingga dapat dengan segera mengetahui balasan yang dibutuhkan oleh klien, hal ini dapat dicontohkan dengan Chatting.
2.      Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari) 
Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari), Internet mempermudah PR mendapatkan feedback, atau timbal balik dari publik melalui interaksi langsung, yang tentu saja dapat merupakan metode yang sangat efisien.
3.      Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global
Internet telah menutup jurang pemisah geografis (kecuali psikologis) setelah seorang PR terhubung ke dunia online. PR dapat langsung berkomunikasi dengan pasar di Arab Saudi, investor di Swedia, dan mitra bisnis di California dengan biaya yang sangat minim.
4.      Respons yang cepat
Dapat dengan mudah untuk mengetahui respons yang di berikan kepada klien atau masyarakat itu sendiri.
5.      Interaktif, komunikasi dua arah.
Komunikasi antara organisasi PR dan publik merupakan tujuan utama aktivitas E-PR karena aktivitas ini akan membantu PR dalam membangun hubungan yang kuat dan saling bermanfaat yang tidak dapat dilakukan langsung oleh media offline.
Dalam hal ini tentu saja menimbulkan dampak komunikasi dua arah di mana dengan melakukan komunikasi atau interaksi menggunakan  media Online ini kita dengan cepat dapat mengetahui respon yang telah di berikan, sehingga ketika kita menemukan masalah lain pada saat itu juga kita dapat bertanya langsung.
6.      Hemat.
Seorang praktisi PR tidak harus menemui klien atau bergantung kepada suatu media sebagai perantara mereka untuk melakukan kegiatan kehumasannya. Cara seperti ini juga dapat lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya
7.      Sasaran dari PR juga pasti tepat, karena khalayak yang merasa membutuhkan suatu informasi akan mencari sendiri informasi itu. Disini khalayak dituntut untuk lebih aktif.
PR cyber ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu, khalayak dapat memperoleh informasi dimanapun dia berada dan kapanpun, selama 24 jam nonstop. Tidak seperti suatu instansi yang tutup pada jam dan hari tertentu. Dengan adanya PR cyber ini maka praktisi PR dapat menerima feedback secara langsung dan lebih cepat dari khalayaknya. Adanya feedback yang cepat diharapkan dapat memuaskan keingintahuan khalayak, sehingga dapat tercipta hubungan yang baik antara praktisi PR dan khalayak.
Namun diantara kelebihan-kelebihan diatas, PR cyber juga memiliki kekurangan, diantaranya
Kekurangan Online PR :
1.  tidak semua sasaran/ khalayak dapat memperoleh informasi melalui internet karena tidak semua khalayak mengerti tentang dunia internet.
2. isu-isu dapat berkembang dengan lebih cepat dan meluas di kalangan publik organisasi karena interaksi yang tinggi di dunia maya memungkinkan timbulnya opini publik yang beragam.
3. Kurangnya ketertarikan masyarakat kepada hal-hal positif yang disampaikan perusahaan karena masyarakat lebih fokus pada berita-berita buruk dan promosi produk saja. Sedangkan yang tertarik pada berita baik dari sebuah perusahaan hanyalah beberapa saja, seperti investor dan penanam saham.
4. Kurang bisa diakses oleh semua pihak atau semua kalangan. Alasannya adalah tidak semua masyarakat bisa mengakses internet, hanyalah orang-orang yang memiliki peralatan untuk mengakses internet (seperti: modem atau handphone).
5. Online PR efeknya adalah akan ada banyak mengalami feedback dari masyarakat sehingga peluang untuk terjadi multi tafsir yang sangat besar. Penafsiran yang salah ini dapat berakibat menjadi isu negatif jika tidak segera diatasi.
Karakteristik Online PR :
Karakteristik PR :
a.       Untuk melakukan pendekatan PR online membutuhkan keberanian.
b.      Internet membawa beberapa peralatan media yang merubah wajahInternet membawa beberapa peralatan media yang merubah wajahpublic relations dan merupakan perubahan yang mendadak.public relations dan merupakan perubahan yang mendadak.
c.       Baru sedikit pakar PR yang memiliki keberanian untuk mencoba mediaBaru sedikit pakar PR yang memiliki keberanian untuk mencoba media jenis baru ini dan menciptakan layanan pers secara online yang merubah jenis baru ini dan menciptakan layanan pers secara online yang merubahbanyak pebisnis lokal kecil menjadi pemain global.banyak pebisnis lokal kecil menjadi pemain global.
d.      Walau dimulai dalam ukuran kecil, online PR telah membantu perusahaanWalau dimulai dalam ukuran kecil, online PR telah membantu perusahaanuntuk tumbuh lebih cepat, dan bukan hanya itu keuntungan dari onlineuntuk tumbuh lebih cepat, dan bukan hanya itu keuntungan dari onlineP.R.

Comments

  1. Best merit casino site reviews 2021 - deccasino
    You've probably heard septcasino about this company called mergers, but you know about what deccasino you do in Vegas casino sites. Read what the pros and cons หาเงินออนไลน์ of this

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sekilas Public Relation

Sebuah Krisis PR